Rabu, 28 Oktober 2020

ANTENA GRID: PENGERTIAN, FUNGSI, & CARA KERJANYA

Antena Grid: Pengertian, Fungsi, & Cara Kerjanya


 ANTENA GRID: PENGERTIAN, FUNGSI, & CARA KERJANYA

Koneksi internet yang selalu dibutuhkan setiap individu dimanapun dan kapanpun membuat jaringan Wi-Fi dipasang di banyak tempat, termasuk tempat umum. Dibutuhkan router untuk menciptakan koneksi internet agar bisa dinikmati semua orang tanpa harus tersambung dengan kabel alias wireless. Selain keberadaan router yang sangat vital untuk membuat koneksi internet bisa dinikmati orang banyak, diperlukan juga perangkat yang bernama antena Grid.

 

Pengertian & Fungsi Antena Grid

Antena Grid adalah antena Wi-Fi yang berfungsi untuk

memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atau sebagai client dari RT/RW NET. Antena ini akan menerima dan mengirim sinyal data dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz dimana data tersebut bisa dalam bentuk intranet atau internet.

 

Cara Kerja Antena Grid

Antena Grid akan beroperasi dengan cara menerima sinyal data kemudian mengirimkannya dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz. Date tersebut bisa berupa intranet atau internet. Setelah data terkirim, maka perangkat Anda akan menangkap sinyal tersebut dan Anda pun bisa mengakses internet. Sinyal Wi-Fi ini ada yang terkunci oleh password tapi ada juga yang tidak.

 

Macam-macam Antena Grid

# Antena Grid Hyperlink 24 dBi (HG2424G-NF)

Antena ini didesain untuk sistem komunikasi menggunakan wireless LAN. Karakteristiknya antara lain High Gain, jarak jauh, dan F/B Ratio yang besar. Terbuat dari bahan

stainless steel kualitas industri dan dilapisi oleh bahan tahan karat membuatnya cocok digunakan untuk mengatasi kendala komunikasi dan mengirimkan transmisi secara efektif. Bahan tersebut juga membuat antena ini sangat baik digunakan di berbagai macam lingkungan, seperti di atas bukit, menara, ataupun gedung.

# Antena Grid TPLink TL-ANT2424B 2.4-2.5GHz 24dB

Antena Grid dari TPLink dengan kehandalan menyamai Grid produksi Kenbotong tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Kualitas bahannya bagus dan tebal serta bobotnya lebih berat dari Grid Kenbotong. Range frekuensinya 2.4-2.5 Ghz (mendukung Superchannel 2.5 Ghz).

# Antena Grid RMI 2.4GHz 24 dBi

Antena ini adalah rakitan dalam negeri tapi dengan lisensi RMI Korea yang handal dan ekonomis untuk kebutuhan koneksi Wi-Fi. Antena Grid ini mendukung 2.4 Ghz seperti JAHT, Minitar, Linksys, D-Link, Senao, Zcom, dan lainnya.

#Antena Grid Kenbotong TDJ-2325 2.4Ghz 24dB (Support Superchannel)

Antena ini mendukung SuperChannel (2.3-2.5 Ghz) jika dipasangkan dengan AP yang

mendukung SuperChannel. Grid dari Kenbotong ini sangat bagus untuk menghubungkan dua lokasi tanpa kabel, mengirim data, atau menggunakan VoIP wireless link.

Itulah sedikit info seputar antena Grid yang perlu untuk Anda ketahui. Antena ini bisa jadi solusi bagi Anda yang memasang jaringan internet Wi-Fi dan ingin membuat sinyalnya lebih kencang.

1 komentar: